PPIT Al Hikmah Boyolali Gelar Wisuda Akhirussanah Virtual

CategoriesInfo Pondok PesantrenTagged , ,

BOYOLALI – Pondok Pesantren Islam Terpadu (PPIT) Al Hikmah menggelar Wisuda Akhirussanah Kelas IX MTsT dan XII SMAIT Tahun Pelajaran 2019-2020, Sabtu (27/6/2020).

Berbeda dari wisuda tahun-tahun sebelumnya, wisuda kali ini dilaksanakan secara virtual atau daring karena digelar di tengah wabah pandemi corona atau covid-19 yang mengharuskan para santri menjalani karantina mandiri di rumah. Sehingga sebagian besar santri mengikuti kegiatan wisuda melalui aplikasi Zoom atau YouTube.

Meski demikian, panitia masih mengundang beberapa perwakilan santri dan orang tua untuk hadir sebagai perwakilan dalam prosesi Wisuda Akhirussanah yang digelar di Aula Kampus I PPIT Al Hikmah ini.

“Ini (wisuda virtual-red) baru terjadi baru satu kali ini dalam sejarahnya Al Hikmah berdiri. Ini adalah momen besar, dan ini adalah sejarah baru,” ujar Ketua Panitia Akhirussanah Ustadz Muhammad Bilal, S.Pd.I.

Karena sedang pandemi, pada Akhirussanah kali ini, para hadirin dan wisudawan yang diundang wajib untuk mematuhi protokol kesehatan. Seperti mengenakan masker, cuci tangan, jaga jarak, dan lain sebagainya.

Termasuk ketika prosesi wisuda, wisudawan diwajibkan mengenakan masker. Tercatat, terdapat 134 santri yang wisuda pada Akhirussanah tahun ini dari jenjang MTsT dan SMAIT Al Hikmah Boyolali.

Dewan Pembina Yayasan Al Hikmah Boyolali (YABI) Ustadz Drs. Arju Rahmanto, S.Ag., M.Ag., dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada segenap orang tua yang telah menyekolahkan anaknya di PPIT Al Hikmah Boyolali. Baik melalui pendidikan formal maupun non-formal.

Beliau juga mengucapkan selamat kepada para santri kelas IX MTsT dan XII SMAIT Al Hikmah Boyolali yang lulus dan diwisuda tahun 2020 meski keadaannya berbeda dari tahun sebelumnya akibat mewabahnya virus corona.

“Meskipun secara virtual, semoga tidak mengurangi makna dari wisuda ini,” imbuh Ust Arju Rahmanto.

Sementara itu, Direktur Pesantren PPIT Al Hikmah KH. Dr. Ahmad Mifdlol Muthohar, Lc., M.S.I menyampaikan dalam pidato beliau bahwa wisuda ini tidak mengurangi kesyahduan meski tidak semua bisa tatap muka seperti biasanya.

Ustadz Mifdlol juga berpesan agar lulusan PPIT Al Hikmah untuk tidak henti-hentinya mengutamakan Alquran dan memiliki cita-cita agar tidak kehilangan arah.

Disampaikan Ustadz Mifdlol dalam pidato beliau, PPIT Al Hikmah juga memiliki cita-cita salah satunya ingin mendirikan pondok quran khusus untuk SD. Sebelum mengarah ke situ, disiapkan dulu pengajarnya dengan membentuk Markaz Alquran.

“Alhamdulillah tahun ini (2020-red) Markaz Alquran sudah tercapai dengan sekitar 30 calon ustadz-ustadzah. Selama satu tahun merekalah yang nanti kita didik menjadi ustadz-ustadzah, baru tahun depan Insya Allah kita akan membuka pondok tahfidzul quran untuk SD,” jelas Ustadz Mifdlol.

Wisuda-Akhirussanah-Virtual-PPIT-Alhikmah-Boyolali-1

Wisuda-Akhirussanah-Virtual-PPIT-Alhikmah-Boyolali-2

Wisuda-Akhirussanah-Virtual-PPIT-Alhikmah-Boyolali-3

Wisuda-Akhirussanah-Virtual-PPIT-Alhikmah-Boyolali-4

Berikut adalah tayangan Wisuda Virtual di Alhikmah TV Boyolali :

Silahkan di Share ...:-)

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *