Pakar : Bahasa Arab Adalah Dasar dari Semua Bahasa

CategoriesInfo Pondok PesantrenPesanTagged , ,

BOYOLALI – Pondok Pesantren Islam Terpadu (PPIT) Al Hikmah Karanggede, Boyolali, menggelar kajian rutin Kamis malam (30/01/2020).

Berbeda dengan kajian pada umumnya, kajian kali ini menghadirkan Syaikh dari Mesir, yakni Syaikh Muhammad Rajab. Beliau datang ke PPIT Al Hikmah didampingi Direktur Pesantren Ustadz Ahmad Midlol Muthohar dan Sekretaris Direktur Pesantren Ustadz Nur Hasan Ali.

Dalam materi kajian, Syaikh Rajab menyampaikan seputar pentingnya Bahasa Arab kepada para santri PPIT Al Hikmah yang menghadiri kajian di Aula. Ustadz Nur Hasan Ali bertindak sebagai penerjemah.

Kajian-Syaikh-Mesir-Rajab-PPIT-Alhikmah-Boyolali-2

Beberapa poin penting dari materi kajian diantaranya adalah bahwa ulama/pakar bahasa sepakat bahwa Bahasa Arab menjadi dasar semua bahasa di dunia.

Dijelaskan Syaikh, bahwa dalam Bahasa Inggris saja, terdapat sekitar 24.000 kosa kata yang berasal dari Bahasa Arab.

Bahasa Arab pun disebut akan menjadi bahasa yang akan tetap bertahan dan bahasa yang lainnya akan punah. Syaikh mengutarakan, pernyataan tersebut disampaikan bukan oleh orang Arab, melainkan oleh pakar Bahasa Inggris sendiri.

Karena hal itulah, saat ini Inggris menulis dokumen penting untuk agama mereka dengan menggunakan Bahasa Arab. Karena Bahasa Arab diyakini akan kekal dan Bahasa Inggris akan musnah.

Kajian-Syaikh-Mesir-Rajab-PPIT-Alhikmah-Boyolali-1

Tak hanya untuk Bahasa Inggris, Syaikh juga menyampaikan bahwa 70 persen Bahasa Yunani adalah berasal dari Bahasa Arab.

Syaikh Rajab pun mengajak kepada santri PPIT Al Hikmah untuk tidak takut dalam bercakap menggunakan Bahasa Arab, meski itu salah.

Bagi Syaikh, mau mencoba meski salah itu lebih baik daripada tidak mau mencoba sama sekali. Karena dengan banyak mencoba, sedikit demi sedikit akan menjadi paham dan lancar berbahasa Arab.

Kajian-Syaikh-Mesir-Rajab-PPIT-Alhikmah-Boyolali-3

Silahkan di Share ...:-)

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *