Tingkatkan Kualitas KBM, PPIT Alhikmah Boyolali Gelar Workshop Kependidikan

CategoriesKepegawaianPelatihanTagged , , ,

BOYOLALI – Dalam rangka meningkatkan kualitas Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) asatidzah terhadap para peserta didik, Pondok Pesantren Islam Terpadu (PPIT) Al Hikmah Karanggede, Boyolali, Jawa Tengah, menggelar Workshop Kependidikan, Rabu (25/9/2019).

Acara yang digelar di Aula Kampus I PPIT Al Hikmah ini diikuti oleh asatidzah di semua unit yang ada di Yayasan Al Hikmah Boyolali (YABI), baik itu TPA, TKIT, SDIT, MTsT, SMAIT, dan Pesantren. Terlebih, acara ini juga merupakan agenda pembinaan bulanan bagi asatidzah.

Di acara yang bertemakan “Metode Mendidik Tanpa Kekerasan” ini, pihak panitia mendatangkan Ibu Dr. Lilik Sriyanti, M.Si. sebagai narasumber workshop.

Dalam materinya, beliau menyampaikan bahwa ada perlakuan tertentu dalam mendidik anak. Salah satunya tergantung dari berapa usia anak didik. Jelas akan berbeda cara mendidik anak SD dan SMA.

Dr. Lilik dalam materinya menyampaikan bahwa mendidik tanpa kekerasan bisa dilakukan di antaranya dengan pendekatan hati, memberi apresiasi, yang berdampak positif pada psikologis anak. Bukan dengan bentakan.

Workshop-Kependidikan-PPIT-Alhikmah-Boyolali-Sept-2019-2

Workshop-Kependidikan-PPIT-Alhikmah-Boyolali-Sept-2019-3

Workshop-Kependidikan-PPIT-Alhikmah-Boyolali-Sept-2019-4

Selain itu, langkah efektif lainnya adalah guru bisa menjadi teman bagi peserta didiknya, bukan sebatas memberi nasehat.

Karena dengan menjadi teman, peserta didik akan merasa lebih dekat dengan gurunya sehingga lebih tertarik dan mudah dalam menerima pembelajaran yang disampaikan.

Silahkan di Share ...:-)

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *